Rabu, 15 Juni 2016

Membuat Notification (Peringatan) Keluar Aplikasi (Tutorial App Inventor Indonesia)

Sepertinya semakin lama dan semakin berjalannya waktu, pengembang yang mulai meminati App Inventor di Indonesia semakin banyak, hal ini dibuktikan dengan mulai ramainya diskusi yang terjadi di Grup Facebook App Inventor Indonesia. Dengan demikian, saya semakin merasa tidak sendiri lagi sebagi peminat mengembangkan aplikasi Android dengan App Inventor ini hehe (^_^).



Kali ini saya juga akan membagikan tutorial App Inventor yang (tentu saja) masih sederhana heheh (^_^). Pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Notification (Peringatan) Keluar Aplikasi, atau deskripsi hematnya adalah jika kita ingin keluar dari aplikasi, akan muncul notificatian (peringatan) yang menanyakan, apakah kita benar-benar ingin keluar aplikasi atau tidak.

Cara Membuat Notification (Peringatan) Keluar Aplikasi


1. Karena kita hanya akan berfokus pada Notifikasi Keluar, jadi buat atau desain tampilan aplikasi dengan menggunakan 1 komponen Button, dan 1 kompinen Notifier seperti gambar di bawah ini.

Membuat Notification (Peringatan) Keluar Aplikasi (Tutorial App Inventor Indonesia)

2. Sesuaikan Properies aplikasi seperti di bawah ini.

Membuat Notification (Peringatan) Keluar Aplikasi (Tutorial App Inventor Indonesia)

3. Yang terakhir, susunlah blok coding seperti gambar di bawah ini.

Membuat Notification (Peringatan) Keluar Aplikasi (Tutorial App Inventor Indonesia)

4. Dari blok koding di atas, jika kita tekan tombol "Keluar" maka akan muncul notifikasi tersebut. Selain itu juga ketika kita tekan tombol Back pada smartphone, notifikasi tersebut juga akn keluar. Dan ini adalah tampilan notifikasi (peringatan) keluar dari aplikasi.


Baca juga: Membuka Screen Lain Dengan Memilih Item Dalam ListPicker

Sangat sederhana kan?? notifikasi (peringatan keluar dari aplikasi ini bisa kamu gunakan pada jenis aplikasi apapun dan karena hanya menggunakan 2 komponen saja, seharusnya notifikasi keluar dari aplikasi ini tidak memberatkan aplikasi yang kamu bangun. Semoga tutorial Cara Membuat Notification (Peringatan) Keluar Aplikasi ini bermanfaat, terimakasih.

File .aia dari Project di atas bisa kamu dapatkan di sini.*

Bergabunglah bersama kami di Grup Facebook App Inventor Indonesia (^_^)
*Jika bermasalah saat unduh file aia dari project ini, silakan lapor di komentar.

Membuat Notification (Peringatan) Keluar Aplikasi (Tutorial App Inventor Indonesia) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

3 komentar

 

Top