Sabtu, 02 Desember 2017

Membuat Solder Sederhana dari USB 5v

Dalam perkembangan dunia teknologi, tak akan bisa dipisahkan dari berbagai revolusi yang terjadi di dunia. Salah satu revolusi yang bisa dikatakan merubah pwajah peradaban dunia adalah revolusi industri di Prancis. Kala itu terjadi perubahan besar-besaran dari ekonomi yang berdasar pertanian ke bentuk ekonomi industri. Revolusi itu tak bisa dipisahkan dari penemu-penemu hebat yang menjadi penggerak perunabahan wajah peradaban dunia.

Baca juga: cara membuat solder dari korek api

membuat solder dari USB 5v Sederhana
Membuat Solder Sederhana dari USB 5v 
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Sebut saja penemuan listrik yang hingga saat ini menjadi sumber daya utama dalam kehidupan sehari-hari. Dan masih banyak sekali penemuan-penemuan lain yang juga mempengaruhi perkembangan teknologi hingga saat ini kita mengenal smartphone. Jika kita tarik ke arah situ, sebetulnya perkembangan teknologi saat ini bisa dikatakan merupakan perkembangan dari dunia elektronik. Jadi secara tidak langsung elektronik merupakan salah satu sumber dari perkebangan teknologi saat ini.

Bicara tentang dunia elektronik, salah satu hal yang tak akan dipisahkan adalah salah satu alat wajib yang harus dimiliki oleh penggelut dunia elektronik tersebut, yakni solder. Karena solder merupakan alat yang harus digunakan untuk menyambungkan berbagai komponen elektronik apapun jenis soldernya. Kali ini saya akan berbagi cara membuat solder dari USB 5v yang bisa kamu pakai dengan mencolokannya pada power bank atau charger smartphone.

Sebetulanya tutorial cara membuat solder dari USB 5v ini juga sudah banyak dijumpai jika kamu mencarinya di mesin pencari. Selain itu juga ada tutorial yang lain seperti cara membuat solder baterai, cara membuat solder tenaga baterai, bahkan ada tutorial yang menyuguhkan cara membuat solder dari korek api. Mungkin nanti juga akan saya bagikan dilain waktu. Oke langsung saja ikuti tutorial cara membuat solder mini berikut ini.

Tutorial cara membuat solder dari USB 5v


Siapkan sebuah kabel kawat tembaga dengan 2.5mm dan panjang 2cm. Kenapa hanya menggunakan panjang 2cm? karena kalau lebih kita kan membuat solder dari USB yang memiliki tegangan 5v saja, jadi bila semakin panjang kawat tembaga untuk membuat mata solder ini maka panasnya juga akan semakin lama. Berbeda halnya apabila kamu mau membuat solder 12v, kamu bisa menggunakan kawat tembaga yang lebih panjang.

membuat solder dari USB 5v Sederhana

Bungkus kawat tembaga tadi menggunakan selongsong anti bakar seperti gambar di bawah ini.

membuat solder dari USB 5v Sederhana

Selanjutnya lilitkan sebuah kabel kawat tembaga dengan ukuran yang kecil seperti gambar di bawah ini.

membuat solder dari USB 5v Sederhana

Selanjutnya siapkan sebuah kawat nikelin dengan tebal 0.1mm yang bisa kamu beli di toko elektronik dengan harga 1rb rupiah permeter. Potong kawat nikelin ini dengan panjang 10cm saja.

membuat solder dari USB 5v Sederhana

Lilitkan kawat nikelin tadi pada mata solder yang tadi dan sambungkan ujung atas dan ujung bawahnya seperti gambar di bawah ini.

membuat solder dari USB 5v Sederhana

Selanjutnya bungkus kawat tembaga kecil tadi dengan selongsong anti panas dan sambungkan kabelnya dengan kabel USB. Ingat!! sambungkan dengan kabel yang berwarna merah dan hitam ya,..

membuat solder dari USB 5v Sederhana

Sekarang tinggal dicolokkan saja ke Power bank atau charger smartphone dan solder dari USB pun siap dipakai dan digunakan. 

membuat solder dari USB 5v Sederhana


Satu lagi yang perlu diingat, gunakan sumber listrik USB yang telah mendukung output 2A (amper) ya., baik itu charger smartphone maupun power bank, pastikan USBnya memiliki output 2A ya. Karena kalau yang outputnya di bawahnya, panasnya tidak akan maksimal. Dan solder dari USB ini juga dapat dipakai untuk keperluan elektro kamu seperti solder biasanya. Sekian tutorial cara membuat solder sederhana dari USB 5v. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Membuat Solder Sederhana dari USB 5v Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

1 komentar:

 

Top