Sabtu, 17 September 2016

Cara Membuat Musik Pembuka di (Tutorial App Inventor Indonesia)

Wah,.. Gak disangka ternyata postingan terakhir saya yang memuat tulisan tentang Mi QiCYCLE, Sepeda Lipat Elektrik Buatan Xiaomi sudah berusia hampir 3 bulan, dimana itu berarti sudah 3 bulan sejak saya terakhir manulis di blog ini , hehe. Kali ini saya akn mencoba kembali menulis sesuatu yang saya harap dapat berguna bagi kita semua.


Berawal dari pertanyaan salah satu anggota grup FB App Inventor Indonesia tentang cara membuat musik pembuka yang biasanya ada saat pertama kali membuka aplikasi. Mungkin hal itu akan mudah dibuat bila aplikasi yang bersangkutan dibangun menggunakan Android Studio atau aplikasi sejenis yang memang menggunakan koding saat mengerjakannya, namun yang kita bicarakan ini adalah App Inventor.


Ya, sebagai seorang newbie, sebetulnya saya gak ngerti gimana Cara Membuat Musik Pembuka di App Inventor, tapi sekilas teringat dulu pernah buat atau paling tidak pernah baca tutorialnya, hehe, dan karena rasa penasaran yang lumayan, ahirnya saya buka lagi file-file block coding app inventor saya dulu, dan.... ketemu.

Sebetulnya kalau cuma mau Membuat Musik Pembuka di App Inventor itu sederhana, cuma butuh sedikit blok aja, bisa menggunakan block seperti di bawah ini.

(Tutorial App Inventor Indonesia

Prinsip kerjanya adalah, ketika aplikasi di buka, atau pada kasus ini saat Screen1 di buka, maka file sistem akan memutar file suara yang telah ditentukan. Selain itu, kita juga dapat membuat music pembuka pada masing-masing screen yang berbeda-beda. 

Tapi masalahnya, anggota grub FB App Inventor tersebut menginginkan agar file suara yang menjadi Music Pembuka tersebut dapat di Stop dan di Play. Karena saya juga penasaran, alhasil muter otak lagi deh supaya bisa seperti itu, Alhamdulillah, setelah ngotak-ngatik beberapa saat, ketemu juga blok codingnya yang sesuai harapan, hehe. Berikut Block Codingnya...

(Tutorial App Inventor Indonesia


Sebetulnya, Prinsip kerjanya sama dengan yang di atas, namun yang ini melibatkan blok Control (if, then, else). Pada percobaan project saya di atas, yang perlu diperhatikan adalah text pada button, karena saya sempat kebingunan di situ hehe, *perasaan udah bener semua, tapi gak mau jalan*

(Tutorial App Inventor Indonesia

Nah, bagaimana? sangat mudah dan sederhana bukan?? Jika ada pertanyaan, silakan tanyakan dikomentar, atau bergabunglah bersama kami, di Grub FB App Inventor Indonesia. Untuk mempermudah dalam mempelajarinya, silakan unduh file aia nya pada tautan di bawah ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Cara Membuat Musik Pembuka di (Tutorial App Inventor Indonesia) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

 

Top