Rabu, 20 Januari 2016

Membuka Screen Lain Dengan Memilih Item Dalam ListPicker (Tutorial App Inventor Indonesia)

Sebenarnya saya ingin menulis Tutorial App Inventor, membuat aplikasi Android tanpa coding dari awal sekali, muali dari pengenalan, aplikasi hello world, hingga tutorila membuat game android dengan app inventor yang tentunya mudah dibuat namun asyik dimainkan. Namun, karena saya sedang dikejar banyak deadline, jadinya saya akan menulis tentang tutorial App Inventor secara acak, sekenanya saja, alias sekober saya ^_^.


App Inventor Indonesia

Tutorial App inventor yang pertama adalah bagaimana cara membuka screen lain dengan memilih item dalam listpicker (How to Open a new screen from selecting a string item in the list picker). Tentunya, bagi sebagaian orang yang telah mengenal App Inventor sebelumnya pasti mengetahui bahwa cara membuka screen lain adalah dengan componen Button yang akan di hubungkan ke Screen tujuan.

Namun, ada cara lain untuk membuka screen lain tanpa component Button. Berikut cara membuka screen lain dengan memilih item dalam listpicker (How to Open a new screen from selecting a string item in the list picker).

1. Buatlah UI aplikasi sederhana dengan App Inventor, dan letakkan Componen ListPicker, seperti gambar di bawah ini.


2. Susunlah block coding dari screen ini seperti gambar dibawah ini.


3. Tambahkan atau buat Screen 2, 3 dan 4. Lalu tambahkan component Label dan Button pada masing-masing screen, sperti gamabr di bawah ini.


4. Susun block coding pada screen 2, 3 dan 4. seperti di bawah ini.


5. Coba jalankan hasilnya melalui emulator, atau bisa hubungkan langsung dengan Hp Android. Dan hsilnya akan seperti dibawah.


Jika tombol "Coba ListPicker di klik, maka akan muncul daftar item sepeerti dibawah ini.


Jika item "A" diklik, maka aplikasi akan membuka screen2. Seperti di bawah ini.


Hal ini juga berlaku juka item "B" diklik, maka akan membuka Screen3. Dan jika item "C" diklik, maka akan membuka Screen 4.

Membuka Screen Lain dengan memilih item dalam listpicker (How to Open a new screen from selecting a string item in the list picker) ini adalah alternatif menghemat screen dalam App Inventor. Karena App Inventor memiliki kelemahan terbatasnya screen dalam 1 aplikasi, hanya tersedia 8 screen saja, jika lebih biasanya aplikasi akan crash.


Untuk mempermudah memahami dari tutorial di atas, berikut saya sertakan file project (Source Code) App Inventor dalam bentuk file .aia yang bisa disedot disini.

Kamu juga bisa bergabung dan berdiskusi bersama dengan banyak peminat App Inventor dari seluruh Indonesia di grub facebook App Inventor Indoesia.

Membuka Screen Lain Dengan Memilih Item Dalam ListPicker (Tutorial App Inventor Indonesia) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

 

Top