Senin, 25 Januari 2016

Membuat Pegangan Hp (Smartphone Grip) Dari Kayu Untuk Fotografi

Beberapa waktu terakhir ini, saya sedang tertarik dengan yang namanya Fotografi Ponsel. Hal itu disebabkan karena seorang teman mengundang saya untuk masuk ke dalam grub Facebook tentang Fotografi Ponsel Indonesia. Dalam grub itu banyak anggota yang memposting hasil jepretan yang bagus dan keren sehingga hampir membuat tidak percaya itu semua adalah foto jepretan Hp.


Pegangan Hp (Smartphone Grip)

Nah dari situ saya akhirnya sering juga jeprat-jepret sana-sini, karena hanya bermodalkan Hp jadul Nokia N79 dan lensa mentahan (tanpa lensa tambahan), jadi hasilnya masih bisa dikatakan standart, hehe. Namun, saya masih akan terus belajar untuk mengembangkan kemampuan jepret dari ponsel saya. Sehingga nanti hasil jepretan saya cukup menarik untuk dipajang di galeri pribadi nanti, hehe.

Dalam menggeluti hobi baru di bidang Fotografi Ponsel ini, saya menemui beberapa kendala yang cukup mengganggu. Salah satunya adalah gambar yang saya ambil menjadi blur karena tangan goyang. Untuk menyiasatinya, saya memakai timer untuk menghasilkan gambar yang pas dan tidak blur. Dari situ saya jadi kepikiran tentang membuat pegangan hp (Smartphone Grip) untuk Fotografi. Dari pada beli Beastgrip dengan harga puluhan dolar?? heheh :D mending bikin sendiri.

Untuk membuat pegangan hp (Smartphone Grip) ini, saya hampir tidak mengeluarkan biaya sama sekali, karena saya menggunakan 95% dari bahan yang dibutuhkan dari brang bekas. Saya hanya mengeluarkan uang untuk memebeli mur baut dengan ukuran yang sama seperti tripod seharga masing-masing Rp800,- x4 buah, jadi cuma menghabiskan uang Rp3.200,- saja :o.

Berikut ini cara membuat pegangan hp dari kayu bekas, How to make smartphone grip, wooden smartphone grip.


1. Yang pertama adalah siapkan kaya dengan tebal 1.5cm dan lebar juga 1.5cm, namun berhubung saya gak punya kayu dengan ukuran demikian, akhirnya saya pakai kayu dengan tebal setengan centi dan lebar 1.5cm hehe. Bekas dulu pernah mau buat lampu belajar ^_^ . Untuk panjangnya bisa disesuaikan dengan ponsel kamu sendiri. Di sini saya menggunakan ukuran panjang 16cm (horisontal) dan 9cm (vertikal). Gambar dibawah saya ambil setelah semuanya jadi, saya lupa gak ambil gambar yang saat masih belum jadi hehe.

Kayu panjang 16cm dan 9cm (selebihnya hanyalah untuk mempercantik desain)
2. Yang kedua, lubangi (jawa: kowaki) kayu seperti gamba di bawah ini. Saya menggunakan gergaji triplek, alat yang sama seperti saat saya membuat casing hp dari kayu.


3.langkah yang ketiga hampir sama dengan langkah yang kedua, namun model kowakannya berbeda. Lihat gambar dibawah ini.


4. Lubangi bagian bawah dan atas untuk dimasukkan mur dengan ukuran yang sama dengan di tripod, mur-mur ini nantinya akan berguna sebagai mounting untuk lampu flash tamabahan saat mengambil gambar dalam keadaan gelap, dan mounting microphone untuk merekam video dengan smartphone.

Mur ukuran sama dengan tripod
5. Buatlah semacam "tuner" dari kayu untuk baut yang murnya sudah dipasang pada grip hp tadi. Mur ini berguna sebagai mengunci lampu flash atau microphone.


Ini hasil jadi dari grip hp (Smartphone Grip) dari kayu. Holder hp saya dapatkan dari tongsis.


Penampakan pegangan hp (Smartphone grip) dari kayu dengan Hp Asus Zenfone.

Penampakan pegangan hp (Smartphone grip) dari kayu dengan Hp Samsung S2.
<br/>

Penampakan pegangan hp (Smartphone grip) dari kayu dengan Hp Blackberry.
<br/>

Penampakan pegangan hp (Smartphone grip) dari kayu dengan Hp Nokia 5320xm.


Penampakan pegangan hp (Smartphone grip) dari kayu dengan lampu flash modifan dari senter isi ulang :D Disini bisa dilihat kegunaan dari baut yang tadi sudah ditambahkan tuner.


Dengan pegangan hp (Smartphone Grip) ini, saat memotret jadi lebih enak dan tidak goyang-goyang, terlebih saat menggunakan timer, ponsel jadi lebih mudah untuk dipegang. Sebenarnya, saya juga ingin menambahkan mounting untuk lensa SLR, namun karen belum punya lensanya ya nanti aja bikinnya hehe. Dan saya mohon maaf jika tulisan dan tutorial saya ini kurang informastif dan sulit difahami, karena saat menulis ini, saya dalam keadaan capek namun gak bisa tidur, dari pada nganggur mending buat tutorial ini, hehe ^_^.

Membuat Pegangan Hp (Smartphone Grip) Dari Kayu Untuk Fotografi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

8 komentar

sama juga seperti saya yang tergila gila dengan beast grip

Saya membuat itu juga karena ingin punya beastgrip :D

Haha kreatif, mahal beastgrip yg asli ny hahah

Karena beastgrip mahal, makanya saya buat ini hehe

Kalau yang saya buat ini sih gak dijual, tapi kalau berminat, silakan chat di G+ saya hehe :D

bisa dicoba nih kreasinya, ijin kopi kreasi

 

Top