Minggu, 06 Maret 2016

Membuat Counter (Penghitung) Score Game Sederhana (Tutorial App Inventor Indonesia)

Cukup lama juga sejak tulisan saya yang terakhir di blog ini. Kali ini saya akan berbagi Tutorial App Inventor Indonesia tentang sebuah aplikasi sederhana yang bisa berguna besar. Aplikasi sederhana ini adalah Counter (Penghitung) yang bisa digunakan untuk keperluan banyakm salah satunya untuk menghitung Score nilai pada saat ada sebuah pertandingan.

Pada dasarnya, aplikasi Counter yang dibuat dengan App Inventor ini sama seperti tasbih. Cara kerja aplikasi ini pun sangat sederhana, hanya mengandalakan sebuah value dari 0+1=1,  dan terus seperti itu. Langsung saja ini Totorial App Inventor Indonesia Membuat Aplikasi Counter (Penghitung Score)

Baca juga: Membuat Pegangan Hp (Smartphone Grip) Dari Kayu Untuk Fotografi

1. Untuk membuat tampilan yang lumayan bagus namun tetep simpel, berikiut penampakan desain tampilan aplikasi dan kompenen yang dibutuhkan. Terdiri daro komponen VerticalArangemen, HorisontalArangement, Label, dan dua buah Button.


2. Setelah membuat tampilan, berikutnya adalah membuat block coding seperti gambar dibawah ini.


Baca juga: Membuka Screen Lain Dengan Memilih Item Dalam ListPicker (Tutorial App Inventor)

Bagaimana? sangat mudah bukan? Aplikasi counter (penghutung) dari App Inventor ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, bahkan untuk sekedar untuk permainan-permainan kecil bersama keluarga dirumah. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Source code (aia) Aplikasi Counter (Penghitung) App Inentor

Membuat Counter (Penghitung) Score Game Sederhana (Tutorial App Inventor Indonesia) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

 

Top