Jumat, 18 Maret 2016

Membuat Virtual Screen Pada App Inventor (Tutorial App Inventor Indonesia)

Kembali kali ini saya akan berbagi tutorial App Inventor. Pada tutorial kali ini saya akan membahas cara membuat virtual screen pada App Inventor. App Inventor 2 yang kini dikembangkan oleh MIT memang sudah terdapat opsi menambahkan screen lain pada projek aplikasi, sehingga dalam satu aplikasi bisa terdapat lebih dari satu screen.



Namun hal ini berdampak negatif pada saat aplikasi dijalankan, karena memuat lebih dari satu screen, maka saat akan membuka screen ke dua atau ke tiga dalam aplikasi akan terasa berat dan membutuhkan delay beberapa saat. Oleh karena itu Virtual screen menjadi solusi bagi masalah screen ini.

Virtual screen pada App Inventor ini sebetulnya memanfaatkan vitur Visible pada bagian properties. Sehingga, meskipun seolah-olah aplikasi memuat banyak halaman atau tampilan yang berbeda, sebetulnya aplikasi yang dibuat dengan App Inventor ini hanya akan memuat satu screen saja. 
Meski lebih ringan saat menjalankannya, namun Virtual Screen App Inventor ini tetap memiliki kekurangan yaitu terdapat delay saat pertama aplikasi dijalankan. Hal ini dikarenakan komponen yang seharusnya terbagi pada beberapa screen, namun kali ini hanya terdapat pada satu screen saja.

Penjelan lebih lanjut akan lebih mudah dipahami pada tutorial Membuat Virtual Screen Pada App Inventor berikut ini (^_^)..

1. Siapkan layout yang terdiri dari button, label, image, horizontal arangement, dan vertical arangement seperti pada gambar di bawah ini.


2. Setelah layoutya jadi, sekarang susun blok codingny seperti pada gambar di bawah ini.


Karena hanya menggunakan satu screen saja, maka ketika tombol back pada smartphone di tekan, aplikasi otomatis akan tertutup atau tidak kembali ke halaman sebelumnya. Namun hal ini dapat disiasati dengan block coding berikut ini.



Projek Membuat Virtual Screen Pada App Inventor di atas bisa menjadi alternatif pembuatan aplikasi tanpa coding dengan app inventor  yang membutuhkan banyak screen namun ingin aplikasi yang dibuat lebih cepat diakses. Mohon maaf bila tutorial ini masih membingungkan, untuk lebih lanjut silakan tanya pada komentar, atau gabung di grup Facebook pada link di bawah ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Grup Facebook App Inventor Indonesia

Source code aia file Virtual Screen App Inventor

Membuat Virtual Screen Pada App Inventor (Tutorial App Inventor Indonesia) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

 

Top