Senin, 14 November 2016

Cara Aman Cabut Flashdisk Tanpa "Safe Remove" di Windows

Kebanyakan pengguna PC pasti malakukan Safely Remove saat akan mencabut Flashdisk dari port USB pada PC atau Laptopnya. Hal ini dilakukan agar data dalam flashdisk tersebut tidak rusak atau korup. Meski demikian, tak sedikit yang malas melakukan cara yang membutuhkan waktu tak banyak ini. Beberapa dari mereka memilih langsung mencabut tanpa melakukan Safely remove terlebih dulu.


Cara Aman Cabut Flashdisk Tanpa "Safe Remove" di Windows
Flashdisk Unik Model Kabel USB (Foto: kendalkab.go.id)

Nah, kalau kamu salah satu orang yang tidak mau "membuang waktu" hanya untuk Safely remove, sekarang kamu gak perlu khawatir dengan data file di flashdisk kamu. Karena setiap USB flashdisk bisa diatur agar dapat dipasang dan dilepas begitu saja tanpa harus lebih dulu memilih safely remove. Kali ini saya akan share tutorial Cara Aman Cabut Flashdisk Tanpa "Safe Remove" di Windows.

1. Pasang Flashdisk ke port USB

Cara Aman Cabut Flashdisk Tanpa "Safe Remove" di Windows

Pasang USB flashdisk di komputer atau laptop. Selanjutnya segera jalankan aplikasi Device Manager. Jika kamu pengguna Windows 7, cukup menekan tombol berlogo Windows di komputer atau laptop, kemudian ketik "device manager" di bagian search bar. Maka aplikasi tersebut bisa langsung dipilih. Jika kamu pengguna Windows 10, cukup ketikkan di search pada task bar.


2. Cari Disk Drives

Selanjutnya carilah bagian Disk Drive dan klik untuk melihat daftar disk yang terhubung ke komputer. Klik dua kali di nama USB kamu dan nanti akan muncul sebuah menu.

3. Pilih Quick Removal
Cara Aman Cabut Flashdisk Tanpa "Safe Remove" di Windows

Pada menu tersebut pilih tab Policies dan carilah bagian Removal Policy. Kemudian pilih Quick Removal (default). Dengan cara ini, baik USB maupun Windows tidak akan membuat cache, sehingga flashdisk bisa langsung dilepas setelah selesai dipakai.
 

Namun tentu saja kamu tetap tidak disarankan mencabut USB flashdisk saat sedang menggunakannya untuk menyalin data, memainkan film, atau berbagai kegiatan lainnya.  Karena hal tersebut berisiko membuat file yang sedang berjalan akan korup, karena jika file tersebut merupakan file penting, kamu akan kerepotan. Artikel ini ditulis dari berbagai sumber, semoga bermanfaat, terimakasih.

Cara Aman Cabut Flashdisk Tanpa "Safe Remove" di Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

 

Top