Rabu, 23 November 2016

Mesin VR Microsoft Tidak Perlu PC Spek Tinggi

Saat ini salah satu raksasa industri teknologi Microsoft masih sedang sibuk-sibuknya mengembangkan mesin Virtual Reality yang bisa dijalankan di platform besutannya, Windows 10. Inovasi Virtual Reality Microsoft yang bertajuk Windows Holographic ini kabarnya tak memerlukan PC dengan spesifikasi tinggi untuk dapat menjalankannya, tentu ini akan menjadi menarik jika memang demikian.


Mesin VR Microsoft Tidak Perlu PC Spek Tinggi
VR Mocrosoft (Foto: Kompas Tekno)

Hal ini terungkap setelah Microsoft merilis build terbaru untuk Windows 10 yang di dalamnya terdapat aplikasi "Windows Holographic First Run". Aplikasi itu berguna untuk menguji apakah PC kita bisa menjalankan Windows Holographic atau tidak. Dirangkum dari Kompas Tekno pada Rabu (23/11/16) aplikasi tersebut berjalan dengan spek minimum sebagi berikut.

  • RAM 4 GB
  • Port USB 3.0
  • Kartu grafis yang mendukung DirectX 12
  • CPU 4 core, termasuk prosesor dual-core dengan hyperthreading

Spesifikasi tersebut bisa dikatakan tergolong dalam spesifikasi kelas menengah, bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak PC dengan spek tersebut dipunyai oleh pengguna di Indonesia. Sepertinya Microsoft memang akan menarget pengguna PC dengan spesifikasi kelas menengah yang tentu saja mereka lebih banyak ketimbang pengguna dengan PC spek tinggi.


Microsoft memang ingin membuat perangkat Virtual Reality yang jau lebih terjangkau daripada spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk HTC Vive atau Oculus Rift yang harganya bisa mencapai 1.500 dollar AS. Microsoft sendiri akan memberikan detail lebih banyak lagi tentang proyek headset VR-nya itu dalam sebuah acara pada Desember mendatang. Artikel ini ditulis dari berbagai sumber, semoga bermanfaat, terimakasih.

Mesin VR Microsoft Tidak Perlu PC Spek Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

 

Top