Sabtu, 12 Maret 2016

Review Fitur Baru yang Dibawa Android N

Beberapa saat yang lalu, secara resmi Google telah mengumumkan versi Android terbaru. Sesuai urutannya, versi Android terbaru ini akan menggunakan naman Android N, namun Google masih merahasiakan nama resmi dari Android N tersebut. Beberapa nama seperti Nutella, Nougat, dan Nerds menjadi favorit banyak orang, hal itu juga mengikuti tradisi Google yang menamai sistem operasi robot hijau ini dengan nama-nama makanan penutup atau makanan manis. 
 
 
 
Pengumuman Android N terbaru tersebut sekaligus juga menjadi perilisan software sistem operasi bergerak yang paling banyak digunakan saat ini untuk pengembang atau developer. Sistem operasi Android N preview ini dirilis untuk perangkat tablet dan smartphone yang akan mendapat update pembaruan tanggal 18 Mei, sebelum akhirnya diluncurkan secara penuh pada musim gugur tahun ini juga.
 
Meskipun baru hadir untuk pengembang atau developer terlebih dahulu, dari versi preview Android N tersebut bisa diketahui apa saja fitur baru yang dibawa oleh sistem operasi ini. Pada sistem Operasi Android N ini akan didapati banyak fitur-fitur baru yang masih terasa asing oleh pengguna Android. Diantaranya sebegai berikut:
 
Balas langsung dari pemberitahuan 

Yang pertama adalah, Google telah mengambil salah satu fitur dari bagian yang dimiliki oleh Android Wear, yaitu memungkinkan pengguna untuk membalas pesan masuk langsung dari pemberitahuan sehingga pengguna tidak perlu meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan. Selain itu, beberapa pemberitahuan dari aplikasi yang sama, sekarang "diikat" bersama menjadi satu untuk meminimalisir "kekacauan" pada layar utama.

Pengguna juga dapat dengan mudah me-maximize pemberitahuan ini dengan menekan tombol ekspansi baru untuk melihat setiap pesan individu dari aplikasi yang sama, atau dengan menggunakan gerakan dua jari. Keren ya kayaknya (^_^) heheh...

Hadirnya Dukungan Multi-Windows

Dari beberapa fitur baru yang hadir pada Android N, fiur ini adalah fitur yang sejak beberapa bulan yang lalu telah dirumorkan dan kehadirannya ditunggu-tunggu oleh pengguna android, yaitu hadirnya dukungan multi-windows atau split-view pada iOS. Dengan adanya fitur ini secara bawaan, menjalankan dua aplikasi secara bersamaan terasa lebih mudah.

Fitur ini memang bukan yang pertama di dunia, karena Microsoft telah menghadirkannya lebih dulu pada Windows 8 beberapa tahun yang lalu. Meski begitu, fitur ini memang sangat membantu ketika pengguna sedang menonton video dan diharuskan membalas pesan messenger atau membalas email tanpa harus menghentikan video yang sedang diputar.

Ketahanan Baterai yang Ditingkatkan 

Isu boros baterai memang menjadi salah satu yang paling disorot oleh banyak orang. Sebelumnya, Mode Doze pada OS Android Marsmallow yang dibawa secara bawaan merupakan update yang sangat populer. Fitur ini memungkinkan perangkat lebih hemat daya ketika sedang tidak digunakan dengan menonaktifkan banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menyisakan sedikit saja.

Ternyata, Tim yang mengerjakan software sistem operasi Android N ini juga mengembangkan sebuah sistem hemat baterai baru, yaitu ketika layar perangkat tidak aktif, maka akan dibawa tidur lebih dalam, sehingga baterai akan menjadi lebih awet dan efisien.

Baca juga: Sony DSC-HX80, Kamera Kecil Dengan Optical Zoom 30x

Preview Android N ini tersedia untuk Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9, dan perangkat Pixel C. Versi ini memnag diperuntukkan kepada developer ketimbang konsumen umum, karena memang OS ini belum 100% stabil dan masih terdapat beberapa bugs yang tentu sangat mengganggu jika digunakan sehari-hari. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Review Fitur Baru yang Dibawa Android N Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

 

Top