Jumat, 11 Maret 2016

Harga dan Review LG G5, Smartphone Modular

Pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol, beberapa saat yang lalu. Salah satu raksasa dunia smartphone android, LG, juga ikut serta unjuk gigi dengan menampilkan sebuah terobosan yang terbilang baru dalam dunia smartphone. Mengusung nama LG G5, smartphone yang digadang-gadang membawa sebuah inovasi baru, yaitu sistem modular, sebuah desain dimana smartphone dapat berganti modus untuk meningkatkan kinerja fitur terntentu.


review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Konsep Modular LG G5 bisa bongkar pasang untuk peningkatan kemampuan (Foto: tekno.kompas.com)

Berbada dengan sang pendahulu, LG G4 yang berbalut plastik sehingga terkesan agak murah, LG G5 ini hadir dengan balutan full metal dan kaca yang membuatnya terkesan premium. Sisi muka G5 didominasi oleh layar AMOLED berukuran cukup besar, mencapai 5,3 inci. Tampilannya terlihat sangat cemerlang dengan resolusi Quad-HD (2.560x1.440 piksel). Selain itu, tiga tombol softbutton “home”, “back” dan “menu” untuk standar navigasi OS Android 6.0 Marshmallow terdapat di bagian antarmuka layar.
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
LG G5 hadir dengan bodi berbalut metal dan kaca (Foto: tekno.kompas.com)
 
Selain desain dan material yang berbeda dengan sang kakak, LG juga turut menyematkan sejumlah fitur baru yang dulu absen pada G4, termasuk sebuah pemindai sidik jari berbentuk bulat di bagian punggung. Fingerprint scanner sekaligus berfungsi sebagai tombol daya. Jadi, pengguna LG G5 bisa langsung “membangunkan” perangkat sekaligus membuka kunci dengan menekan jari pada bagian ini. 
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Finger print sensor teretak di belakang (Foto: tekno.kompas.com)

LG G5 Hadir dengan Konsep modular
 
Salah satu fitur lain yang memiliki daya tarik dari LG G5 ini adalah rancangan “modular”. Meskipun desain modular ini dikatakan menganut rancangan “unibody”, tetapi tetap saja desaij modular LG G5 ini merupakan inovasi baru dalam dunia smartphone. Konsep modular ini terletak pada sisi bawah perangkat yang berdekatan dengan layar bisa dicopot untuk melepas baterai (2.800 mAh), seperti tampak dalam rangkaian foto di bawah.
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Modul headgrip kamera LG G5 (Foto: tekno.kompas.com)

Cara melepas bagian bawah dari LG G5 ini pun juga cukup mudah, dengan cara menekan sebuah tombol khusus yang terletak berdampingan dengan dua tombol pengatur volume. Begitu bagian “dagu” G5 sedikit terbuka, pengguna cukup menarik dengan jari untuk melepasnya. Bagian “dagu” tersebut lantas bisa ditukar dengan modul lain yang bisa meningkatkan kemampuan perangkat.

review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Modul Handgrip Kamera LG G5 terpasang pada smartphone (Foto: tekno.kompas.com)

Salah satu modul yang dapat meningkatlkan kemampuan fitur kamera dari LG G5 ini adalah modul kamera. Modul "handgrip" kamera ini berisi tombol shutter, zoom dial, tombol perekaman video, serta tombol shortcut untuk memanggil aplikasi kamera. Selain itu, modul handgrip ini pun juga sengaja dibuat menebal ke arah luar sehingga G5 lebih mudah digenggam saat menjepret gambar karena memiliki “handgrip” untuk pegangan layaknya kamera digital.
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Modul Heandgrip Kamera LG G5 meningkatkan kemampuan kamera (Foto: tekno.kompas.com)
 
 
Dimensi desain yang ekstra dari modul handgrip tersebut sekaligus dimanfaatkan untuk memuat baterai tambahan sebesar 1.100 mAh. Dengan begitu mampu pula menambah daya tahan perangkat untuk proses pengambilan foto atau video yang banyak mengkonsumsi power. Jadi semacam power bank yang nempel di smartphone.
 
Selain modul handgrip, hadir pula modul hardware khusus audio “Hi-Fi” yang merupakan hasil kerjasama LG dengan B&O untuk meningkatkan kualitas output suara dari perangkat LG G5 ini. Untuk menikmati audio yang lebih berkualitas, pengguna pun bisa menancapkan earphone atau headset ke jack audio 3,5 mm yang terdapat di modul Hi-Fi ini. Setiap modul G5 akan tetap mempertahankan konektor USB Type-C dan grill speaker yang secara default terdapat di bagian bawah smartphone tersebut.
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Modul Audio Hi-Fi LG G5 (Foto: tekno.kompas.com)

Sayangnya, untuk saat ini baru tersedia dua modul tambahan, yakni modul handgrip kamera dan audio Hi-Fi tadi. Belum ada informasi soal harga atau ketersediaan modul-modul lain pendukung smartphone LG G5 ini yang akan menyusul diluncurkan di kemudian hari. LG juga mengklaim, semua perangkat modul tambahan ini akan dengan kokoh menempel pada smartphone LG G5 karena terdapatn sistem locl yang aman.

review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Isi boks penjualan LG G5 (Foto: tekno.kompas.com)

LG G5 Hadir dengan Kamera dua lensa
 
Memang bukan yang pertama bila dikatakan sebagai smartphone dengan dua kamera belakang, namun LG G5 hadir dengan perbedaan dan peningkatan kualitas. Lensa kedua ini hadir bukan untuk menambah kemampuan depth sensing untuk kendali DoF seperti pada smartphone kebanyakan yang lain, namun Lg G5 menggunakannya untuk memberi sudut pandang lebih lebar (wide angel)
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Dual Lensa Kamera LG G5 (Foto: tekno.kompas.com)
 
Jadi, pada kamera 16 megapixel LG G5 terdapat dua jenis lensa, yakni lensa “normal” dengan lebar sudut pandang hanya 75 derajat dan lensa “wide” dengan cakupan lebar sudut pandang yang jauh lebih luas,  dengan lebar hingga sebesar 135 derajat. Tambahan lensa wide ini dimaksudkan agar pengguna lebih mudah mengambil foto-foto yang membutuhkan sudut pandang lebar, seperti pemandangan atau group photo dengan banyak orang.
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Perbedaan Lensa nirmal dan wide angel LG G5 (Foto: tekno.kompas.com)
 
LG G5 Hadir dengan Virtual Reality

LG G5 ini juga hadir dengan kemampuan virtual reality yang juga merupakan salah satu tema dari gelaran MWC 2016 kali ini. Ada dua jenis aksesoris pendamping G5 yang khusus dibuat untuk keperluan ini, yakni kamera 360 derajat dan kacamata VR. Kamera 360 derajat LG G5 ini mampu menangkap pemandangan ke segala arah yang akan disatukan secara otomatis oleh smartphone LG G5 menjadi satu kesatuan, untuk kemudian ditampilkan melalui kacamata VR.
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Virtual reality, fitur unggulan LG-G5 (Foto: tekno.kompas.com)
 
Perangkat kacamata VR tersambung ke LG G5 melalui kabel USB-Type C. Atau dengan kata lain, kacamata VR ini hanya berfungsi sebagai penampil konten virtual reality yang diproses oleh smartphone. Hasilnya LG berhasil membuat kacamata VR buatan mereka lebih ringan dan tidak  “ribet” untuk dikenakan layaknya perangkat serupa besutan pabrikan lain yang biasanya berukuran lebih besar dan mesti dipakai dengan headrest khusus karena mengunakan smartphone sebagai penampil gambar. 
 
review harga smartphone android LG G5 dengan dual kamera
Kaca mata VR LG G5 didesain lebih kecil dan ringkas
 
Berotakkan prosesor Snapdragon 820 besutan Qualcomm yang tertanam di dalamnya serta dukunganm GPU Adreno 530, chip teranyar ini memang disebut-sebut memiliki cukup tenaga untuk mewujudkan pengalaman virtual reality yang ideal di platform mobile. Spesifikasi LG G5 lain dari Hp ini mencakup RAM 4 GB, media internal 32 GB dengan dukungan slot micro-SD, serta kamera sekunder 8 megapiksel di bagian muka. 


Dikutip dari kompas tekno, LG G5 akan memasuki pasr smartphone dunia pada bulan april mendatang. Namun hingga artikel ini ditulis, harga smartphone LG G5 ini masih belum diuumkan ke publik. Namun diperkirakan, harga LG G5 akan mencapai angka 7 jutaan jika melihat performa dan perangkat tambahan dalam kotak penjualan yang tak tanggung-tanggung. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Harga dan Review LG G5, Smartphone Modular Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bella iFanny

 

Top